(Indonesia Berduka Pasca Gempa Lombok, Mahasiswa Pekanbaru Bangun Aksi Solidaritas)


Pekanbaru (14/8/18) – Gempa berkekuatan 7 Mw melanda Pulau Lombok, Indonesia pukul 19:46 WITA (5/8) lalu. Pusat gempa berada di 18 km barat laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat dengan kedalaman 32 km. Gempa bumi ini merupakan gempa utama dari rangkaian gempa bumi di Pulau Lombok sejak gempa awalan 6,4 Mw akhir Juli lalu. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir peringatan terjadinya tsunami akibat gempa ini.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan USGS telah dirasakan di seluruh Pulau Lombok, Pulau Bali, Pulau Sumbawa, Pulau Madura, Pulau Jawa bagian timur serta sebagian Pulau Sumba dan Pulau Flores. Guncangan gempa bumi terkuat berada di seluruh wilayah Pulau Lombok berupa guncangan VI-VIII MMI terutama Lombok Utara. Sedangkan di Pulau Bali dan Pulau Sumbawa bagian barat dirasakan kuat berupa V-VI MMI. (Wikipedia)

Sampai saat ini, akibat gempa yang terjadi banyak sekali kerusakan di sejumlah bangunan di Pulau Lombok hingga Bali. Korban tewas pun mencapai ratusan dan ribuan warga luka-luka serta warga telah diungsikan ke tempat aman. Gempa Lombok ini, tentu membawa duka kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini juga membangun simpati para mahasiswa seluruh nasional.

Pukul 19.00 WIB, pengurus IMABSII mengadakan rapat bersama beberapa anggota Himaprodi PBSI dan perwakilan dari Universitas Lancang Kuning serta Universita Islam Riau, dalam rangka Penggalangan Dana untuk Lombok dan sekitarnya. Kegiatan ini diselenggarakan di Wareh Kupie dengan Ketua rapat Koordinator Wilayah 1 (9/8) lalu. Rapat berakhir pada pukul 23.00 WIB. Dengan diadakannya penggalangan dana nanti, semoga dapat meringankan dan membantu para korban gempa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOSI DEBAT SMA BULAN BAHASA 2019

MOSI YANG DILOMBAKAN DALAM DEBAT PRATIKUM SASTRA KE 27

NASKAH PUISI UNTUK LOMBA BACA PUISI BULAN BAHASA 2019 TINGKAT MAHASISWA